Apa Itu Marching Band?

Marching band adalah sekelompok barisan orang yang memainkan beberapa lagu menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (seperti alat musik tiup, perkusi dan instrumen pit) yang dimainkan secara bersama-sama.
Marching band merupakan kombinasi dari permainan musik dan aksi baris-berbaris para pemainnya.
Penampilan marching band dipimpin oleh satu atau dua orang Komandan Lapangan (Mayoret) dan dilakukan baik dilapangan terbuka atau tertutup dalam barisan dengan formasi yang berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi lagu yang dimainkan. Marching band juga diiringi dengan aksi tarian yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera.

Marching band pada umumnya dikategorikan menurut fungsi, jumlah anggota, komposisi dan jenis peralatan yang digunakan serta gaya atau corak penampilannya. Pada awalnya marching band adalah nama lain dari drum band. Pada mulanya marching band dimainkan untuk mengiringi suatu perayaan atau festival yang dilakukan di lapangan terbuka dalam bentuk barisan dengan pola yang tetap dan kaku, serta memainkan lagu-lagu mars. Dinamika keseimbangan penampilan diperoleh dari atraksi individual yang dilakukan oleh mayoret atau beberapa  personil pemain instrumen. Namun saat ini marching band dapat dilakukan baik di lapangan terbuka maupun tertutup sebagai pengisi acara suatu festival atau kejuaraan.

Komposisi musik yang dimainkan oleh marching band pada umumnya bersifat lebih harmonis dan tidak semata-mata memainkan lagu-lagu dalam bentuk mars, ragam peralatan yang digunakan juga lebih kompleks, formasi barisan yang lebih dinamis, dan corak penampilannya membuat marching band merupakan kategori yang terpisah dan berbeda dengan marching band yang dulunya disebut drum band. Pada saat itu, drum band memiliki komposisi penggunaan instrumen perkusi yang lebih banyak dari instrumen musik tiup. Bentuk dan penampilan marching band yang paling dikenal adalah marching band yang dimiliki oleh institusi militer atau kepolisian.

Disarikan dari : wikipedia

Tidak ada komentar: